“KESUKSESAN BISNIS STARTUP DENGAN MODEL
BISNIS CANVAS PADA CONTOH KASUS RUANG GURU.COM”
Dr. Muljadi Thio, Mayvitia Vegaliu
Abstrak
Kemajuan
teknologi yang sedang terjadi saat ini telah mengubah banyak hal dalam
kehidupan manusia, baik itu perubahan dalam bidang transaksi, pendidikan,
transportasi, dan tentunya dalam bidang bisnis. Karena kemajuan teknologi ini
juga memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, seperti memudahkan masyarakat
dalam berbelanja online, memesan transportasi untuk pergi dengan harga yang
murah, memudahkan para pelajar untuk mengakses pembelajaran secara online dan
dapat membuka usaha baru tanpa harus menyewa tempat. Dalam jurnal ini, membahas
tentang salah satu bisnis StartUp yaitu Ruang Guru. Ruang guru adalah aplikasi
belajar online yang sedang banyak diminati masyarakat karena mudah digunakan
dan harga yang murah. Dengan jurnal ini, kita dapat mengetahui bagaimana bisnis
Ruang Guru ini dapat sukses dan bagaimana model bisnis yang digunakannya.
A.
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Istilah
startup sering dikaitkan dengan bisnis yang baru dirintis atau baru berkembang,
biasanya merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi dan identik
dengan bisnis yang berbau teknologi.
Atribut
kunci dari startup adalah kemampuan untuk bertumbuh, di mana startup adalah
sebuah perusahaan yang dirancang untuk bertumbuh secara cepat. Startup berfokus
pada pertumbuhan yang tidak dibatasi oleh geografi, hal inilah yang
membedakannya dengan small businesses atau bisnis kecil. Internet merupakan
salah satu faktor penyebab pesatnya pertumbuhan startup.
Di
Indonesia, sudah banyak bisnis startup yang berkembang pesat dan mengalami
kesuksesan. Contoh yang penulis ambil yaitu perusahaan bisnis startup Ruang
guru.com. Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar
dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan
telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari
150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.
Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman,
yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun.
Belva Devara dan Iman usman ingin memenuhi kebutuhan memperoleh akses
pendidikan dengan baik membutuhkan inovasi yang ‘out of the box’, oleh karena
itu pada awal tahun 2016, Ruangguru meluncurkan aplikasi mobile on-demand
pembelajaran jarak jauh yang intensif untuk para murid. Dilayani dengan
hadirnya guru online yang standby setiap hari selama 16 jam setiap harinya,
belajar privat kini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Cara yang cukup
mudah, yakni dengan memotret soal yang sulit, upload, dan chat/audio call
dengan guru online, membuat para murid dapat semakin memanfaatkan penggunaan
smartphone mereka.
Alasan
penulis mengambil contoh ruang guru.com karena saat ini ruang guru.com sedang
mengalami kesuksesan di masyarakat, dan telah menjadi bimbingan belajar online
nomor satu di Indonesia. Kunci kesuksesan ruang guru terdapat pada model bisnis
yang digunakannya, Ruang guru menggunakan model bisnis canvas yang terdiri dari
9 pilar yaitu Key Resource, key partnership, key activities, value
propositions, cost structure, revenue streams, customer relationship dan
customer segment yang mana dari masing-masing pilar tersebut dapat memperjelas
bagaimana proses bisnis yang dijalankan oleh aplikasi ruang guru ini.
1.2
Rumusan
Masalah
1. Apa itu Bisnis Model Canvas?
2. Bagaimana kerangka dari Bisnis
Model Canvas?
3. Bagaimana Bisnis Model Canvas pada
perusahaan Ruang guru.com?
1.3
Tujuan
Penulisan
1. Mengetahui pengertian Bisnis
Model Canvas
2. Mengetahui kerangka Bisnis
Model Canvas
3. Mengetahui Bisnis Model Canvas
pada perusahaan Ruang guru.com
B.
PEMBAHASAN
2.1
Bisnis Model
Canvas
Model bisnis merupakan sesuatu yang menggambarkan
dan menjelaskan mengenai bisnis Start –Up itu sendiri dengan tujuan agar
bisa membantu dalam melakukan pertimbangan perubahan dan kemajuan bisnis secara
professional. Model bisnis yang dipaki kali ini adalah Businnes Model Canvas (BMC) yang dikembangkan oleh Alexander
Osterwalder dan Yves Pigneur. BMC merupakan satu alat untuk membantu kita
melihat lebih akurat bagaimana rupa usaha yang sedang atau kita
jalani. Dalam model bisnis ini pun mengubah konsep model bisnis yang pertamanya
rumit menjadi sederhana. Dimana terdapat kerangka bisnis (BMC), dan cara
merumuskan ide Bisnis BMC
Model bisnis canvas ini terdiri dari 9 pilar utama
yang merangkum proses bisnis mulai dari value perusahaan, segmen
pelanggan, hingga struktur finansial. Dengan kesembilan blok ini, sebenarnya
kita sudah bisa memvalidasi apakah satu ide bisnis itu potensial atau tidak. BMC juga merupakan kabar gembira untuk para pelaku usaha
Online Shop yang mungkin sudah menjalankan usahanya, atau bahkan baru saja akan
memulai usaha di dunia Online. seperti kita ketahui, memiliki bisnis online
bukan berarti kita bisa menjual produk atau jasa kita secara online dengan
begitu mudah. diperlukan trik dan strategi khusus yang harus dilakukan agar
penjualan meningkat. beberapa pebisnis online yang sebelumnya menggunakan
metode bisnis lama, hanya berfikir bahwa Online Shop yang penting adalah
mendapat Visitor tertarget sebanyak mungkin dan mencari supplier barang semurah
mungkin, lalu memperbesar penjualan agar mendapatkan laba yang maksimal. namun,
ternyata setelah dipetakan pada bisnis model kanvas, online shop tidak bisa
begitu saja. metode ini cocok untuk bisnis Online.
Oleh karenanya, membuat bisnis model canvas adalah
hal paling awal yang biasanya dibutuhkan seorang pengusaha pemula. Pertanyaan
selanjutnya adalah bagaimana cara membuat sebuah bisnis model canvas yang baik?
Jawaban
sederhananya tentu dengan banyak berlatih membuat model bisnis canvas. Cara
lain yang lebih efektif adalah dengan memahami secara mendalam setiap elemen
dari BMC. Bisnis Model Canvas mempunyai 9 elemen yaitu : Key Resource, Key
Partnership, Key Activities, Value Propositions, Cost Structure, Revenue
Streams, Customer Relationship dan Customer Segment.
Keuntungan BMC:
1. Bisa
dipakai untuk semua jenis model bisnis, seperti :travelling, restoran, hotel,
perkebunan, mining, dan sebagainya.
2. Cepat
mengetahui keseluruhan kekuatan dan kekurangan bisnis.
3. Proses
analisa kebutuhan dan profit dapat dilakukan dengan cepat.
4. Memetakan
bisnis untuk mengetahui kelemahan sejak dini dan memahami kekuatan bisnis dari
sudut pandang yang benar.
5. Pemetaan
BMC menggambarkan secara sistematis bisnis yang kemudian dapat digunakan untuk
pengambilan keputusan pengembangan manajemen strategis bisnis.
2.2
Kerangka Bisnis Model Canvas
1.
Customer
Segment
Customer Segments menjadi blok area yang paling
utama karena dari pelanggan-lah kita akan mendapatkan pemasukan.
Customer
segments berisi mengenai siapa customer Anda? Produk atau layanan Anda akan
dijual ke siapa? Idealnya lakukan riset untuk memastikan customer segments
Anda. Contoh jika Anda menjual produk-produk fashion di online store, maka
segment yang tepat Anda adalah anak-anak remaja
2.
Value
Proposition
Value proposition berisi produk atau layanan apa
yang Anda tawarkan? Dalam bisnis selalu ada produk atau jasa yang ditawarkan.
3.
Channel
Channels merupakan sarana untuk menyampaikan nilai
atau manfaat dari produk kepada customer segment. Bagaimana Anda memberikan
layanan Anda kepada customer? Bagaimana cara customer dapat memperoleh produk
Anda. Contoh channel adalah website atau toko tradisional
4.
Customer
Relationship
Di dalam lingkup ini yang dinilai adalah bagaimana
menjalin hubungan dengan pelanggan. Agar pelanggan tidak mudah berpaling ke
bisnis yang lain, maka sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik. Selain
itu, diperlukan juga pengawasan yang ketat dan intensif.
5.
Revenue
Streams
Revenue streams menjelaskan darimana sumber
pendapatan bisnis Anda? Apakah dari menjual produk, menjual jasa, menjual
iklan, komisi dan lainnya.
6.
Key Resources
Key Resources menjelaskan sumber daya apa saja
yang Anda butuhkan untuk memproduksi produk Anda, missal butuh tenaga kerja,
material, uang dan lainnya.
7.
Key Activities
Key activities mencakup segala aktivitas yang
harus dilakukan seorang pelaku bisnis untuk menghasilkan produk atau layanan
yang baik dan memuaskan. Yang termasuk dalam lingkup ini adalah branding,
packaging, pasaran internet dan lainnya.
8.
Key Partners
Key partners berisi siapa saja partner yang harus
Anda gandeng untuk bekerjasama? Misal Anda berjualan online, Anda mungkin perlu
menggandeng orang-orang yang menjualkan kembali produk Anda, bank, jasa
pengirim barang dan lainnya.
9.
Cost Structure
Meliputi biaya-biaya apa saja yang harus
dikeluarkan untuk membentuk, memproduksi dan memasarkan produk atau layanan
bisnis. Dengan pengelolaan biaya yang benar, bisnis yang kita jalankan akan
menjadi lebih efisien, hemat dan meminimalkan risiko kerugian.
2.3
Bisnis
Model Canvas pada perusahaan Ruang Guru.com
1. Key Partnership
Kemitraan kunci yang bekerjasama
dengan perusahaan Ruang Guru ada 3, yaitu :
-
Pengajar
Ruang Guru adalah perusahaan bisnis
yang bergerak di bidang pendidikan, maka perusahaan ini harus bekerja sama
dengan para pengajar agar bisnisnya dapat berjalan.
-
Minimarket
Untuk melakukan pembayaran
berlangganan ruang guru, perusahaan ini bekerjasama dengan minimarket. Anda
cukup memberikan nomor kode pembayaran ke kasir minimarket dan pembayaran anda
akan segera diproses
-
Bank
Selain membayar melalui minimarket,
Ruang guru juga bekerjasama dengan beberapa bank seperti BCA,BNI, BRI dan
Mandiri untuk melakukan pembayaran.
2. Key Activities
Key activities merupakan kegiatan yang
menentukan keberhasilan bisnis itu, dan key activities ruang guru yaitu
pembelajaran yang menyenangkan sehingga para pelajar memilih untuk berlangganan
ruang guru.
3. Key Resource
Asset yang dimiliki perusahaan ruang
guru adalah materi pembelajarannya yang lengkap mulai dari kurikulum KTSP,
kurtilas, dan kurtilas revisi Ruang guru menyediakannya. Pengguna aplikasi ini
dapat menggunakan kurikul yang mereka pilih.
4. Value propositions
Keunikan yang dimiliki ruang guru dan
tidak dimiliki aplikasi belajar yang lain cukup banyak, sehingga ruang guru
kini menjadi aplikasi belajar nomor satu di Indonesia. Keunikan tersebut antara
lain :
a)
Pengajar yang interaktif dan
professional
Para pengajar dalam aplikasi ruang
guru sangat professional pada bidang yang ia ajarkan dan juga para penajar
interktif dengan pengguna ruang guru karena dalam aplikasi ruang guru terdapat
fitur untuk berinteraksi langsung dengan para pengajar.
b)
Harga yang murah
Hanya dengan Rp. 1.070.000 anda dapat
mengakses semua fitur dalam ruang guru. Terdapat banyak soal, video
pembelajaran, dan dapat berinteraksi dengan para pengajar professional. Anda
juga dapat menggunakan aplikasi ini kapanpun anda mau selama 1 tahun. Jika
dibandingkan dengan bimbel lain, tentunya harga berlangganan ruang guru sangat
murah.
c)
Materi lengkap
Ruang guru memberikan materi yang
lengkap untuk penggunanya mulai dari materi kurikulum KTSP, kurtilas, kurtilas
revisi, jurusan IPA dan IPS semuanya disediakan oleh ruang guru
d)
Aplikasi yang inovatif, kreatif dan
simple
Aplikasi ruang guru merupakan aplikasi
yang sangat menarik,karena terdapat berbagai fitur menarik dan mudah digunakan.
5. Customer relationship
Customer relationship adalah pihak yang menentukan bisnis itu bisa
sukses, pada ruang guru customer relationshipnya adalah pengajar karena ruang
guru adalah bisnis yang bergerak dibidang pendidikan yang sangat membutuhkan
pengajar.
6.
CHANNEL
Ruang guru mempromosikan bisnisnya
dengan cara iklan di stasiun TV, promosi diberbagai social media dan mengadakan
diskon yang menarik untuk masyarakat. Ruang guru juga sering membuat acara di
TV seperti satu jam bersama iqbaal
ramadhan yang merupakan brand ambassador dari ruang guru. Dengan adanya
acara itu, masyarakat dapat mengenal ruang guru, karena dalam durasi satu jam
itu membahas tentang apa itu ruang guru, keuntungannya apa saja dan biasanya
selalu disertai diskon dengan batas waktu tertentu.
7. Customer segment
Sasaran pasar Ruang Guru adalah
seluruh pelajar Indonesia dari tingkat SD, SMP dan SMA. Ruang guru juga
mencakup pelajar SMA dari jurusan IPA dan IPS. Karena ruang guru mempunyai
value propositions berupa materi yang lengkap untuk semua tingkatan pelajar
Indonesia.
8. Cost structure
Ruang Guru mengeluarkan dana untuk
membayar gaji para pengajar yang harus dibayar tiap bulannya, juga mengeluarkan
dana yang cukup besar untuk promosi dan iklan di TV, ditambah ruang guru juga harus mengeluarkan
dana untuk brand ambassadornya yang cukup banyak diantaranya; Iqbaal Ramadhan, Jess No Limit, Miselia
Ikhwan, dan brand ambassador lainnya. Ruang guru mengambil brand ambassador
dari artis dan atlet generasi milenial yang dapat menjadi inspirasi bagi para
pelajar karena prestasi mereka.
9. Revenue streams
Aliran dana yang diperoleh Ruang Guru adalah dari
para pengguna yang berlangganan Ruang guru pada setiap tahunnya.
C.
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
1. Ruang guru merupakan perusahaan teknologi terbesar
dan terlengkap di Indonesia berbasis pendidikan yang mempunyai banyak sekali
kelebihan dan telah menjadi aplikasi bimbel online nomor 1 di Indonesia
2. Business Model Canvas adalah suatu kerangka kerja
yang membahas model bisnis dengan bentuk visual berupa kanvas lukisan agar
dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah.
3. Dengan menggunakan Model Bisnis Kanvas, Ruang Guru
dapat lebih mudah untuk menjalankan proses bisnisnya karena dari ke-9 pilar
kanvas dapat memudahkan pelaku bisnis memahami bisnis yang akan dijalankan.
4.
Sembilan pilar
pada Ruang Guru yaitu Key Partnership berupa Pengajar, Minimarket dan Bank. Key
Activities berupa pembelajaran yang menyenangkan. Key Resources berupa materi
yang lengkap berbagai kurikulum. Value propositions berupa Pengajar
yang interaktif dan professional, Harga yang murah, Materi lengkap, Video
Animasi dan Aplikasi yang inovatif, kreatif dan simple. Customer Relationship
berupa pengajar. Channel berupa Iklan, Promosi dan Diskon. Customer segment
pada Ruang Guru yaitu seluruh pelajar Indonesia dari tingkat SD sampai SMA.
Cost Structure berupa gaji pengajar dan biaya iklan dan promosi dan Revenue Streams
dari pengguna aplikasi ruang guru.
3.2
Saran
Dengan Bisnis Model Canvas diharapkan dapat
memudahkan para pebisnis baik pemula maupun yang sudah menjalankan dalam
mengetahui aspek – aspek terpenting dalam suatu bisnis. Perusahaan Ruang guru
juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja bisnisnya, selain itu Ruang Guru
diharapkan mampu meningkatkan servernya agar tidak down ketika banyak
penggunanya menggunakan aplikasi Ruang Guru untuk memahami materi terlebih saat
mengakses video materi yang disediakan.
Daftar pustaka
Klik disini untuk mendownload filenya : https://drive.google.com/file/d/1HbzESjJk2UM-6sAU5s79jPFJ1ZjE3lpj/view?usp=sharing
kak izin copy beberapa sumbernya ya untuk bahan tugas kuliah
BalasHapus