Jumat, 27 September 2019

Kesuksesan Bisnis StartUp dengan Model Bisnis Kanvas


“KESUKSESAN BISNIS STARTUP DENGAN MODEL BISNIS CANVAS PADA CONTOH KASUS RUANG GURU.COM”
Dr. Muljadi Thio, Mayvitia Vegaliu


Abstrak
Kemajuan teknologi yang sedang terjadi saat ini telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, baik itu perubahan dalam bidang transaksi, pendidikan, transportasi, dan tentunya dalam bidang bisnis. Karena kemajuan teknologi ini juga memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, seperti memudahkan masyarakat dalam berbelanja online, memesan transportasi untuk pergi dengan harga yang murah, memudahkan para pelajar untuk mengakses pembelajaran secara online dan dapat membuka usaha baru tanpa harus menyewa tempat. Dalam jurnal ini, membahas tentang salah satu bisnis StartUp yaitu Ruang Guru. Ruang guru adalah aplikasi belajar online yang sedang banyak diminati masyarakat karena mudah digunakan dan harga yang murah. Dengan jurnal ini, kita dapat mengetahui bagaimana bisnis Ruang Guru ini dapat sukses dan bagaimana model bisnis yang digunakannya. 




A.   PENDAHULUAN
1.1          Latar Belakang

Istilah startup sering dikaitkan dengan bisnis yang baru dirintis atau baru berkembang, biasanya merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi dan identik dengan bisnis yang berbau teknologi.
Atribut kunci dari startup adalah kemampuan untuk bertumbuh, di mana startup adalah sebuah perusahaan yang dirancang untuk bertumbuh secara cepat. Startup berfokus pada pertumbuhan yang tidak dibatasi oleh geografi, hal inilah yang membedakannya dengan small businesses atau bisnis kecil. Internet merupakan salah satu faktor penyebab pesatnya pertumbuhan startup.
Di Indonesia, sudah banyak bisnis startup yang berkembang pesat dan mengalami kesuksesan. Contoh yang penulis ambil yaitu perusahaan bisnis startup Ruang guru.com. Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun. Belva Devara dan Iman usman ingin memenuhi kebutuhan memperoleh akses pendidikan dengan baik membutuhkan inovasi yang ‘out of the box’, oleh karena itu pada awal tahun 2016, Ruangguru meluncurkan aplikasi mobile on-demand pembelajaran jarak jauh yang intensif untuk para murid. Dilayani dengan hadirnya guru online yang standby setiap hari selama 16 jam setiap harinya, belajar privat kini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Cara yang cukup mudah, yakni dengan memotret soal yang sulit, upload, dan chat/audio call dengan guru online, membuat para murid dapat semakin memanfaatkan penggunaan smartphone mereka.
Alasan penulis mengambil contoh ruang guru.com karena saat ini ruang guru.com sedang mengalami kesuksesan di masyarakat, dan telah menjadi bimbingan belajar online nomor satu di Indonesia. Kunci kesuksesan ruang guru terdapat pada model bisnis yang digunakannya, Ruang guru menggunakan model bisnis canvas yang terdiri dari 9 pilar yaitu Key Resource, key partnership, key activities, value propositions, cost structure, revenue streams, customer relationship dan customer segment yang mana dari masing-masing pilar tersebut dapat memperjelas bagaimana proses bisnis yang dijalankan oleh aplikasi ruang guru ini.






1.2        Rumusan Masalah

1.      Apa itu Bisnis Model Canvas?
2.      Bagaimana kerangka dari Bisnis Model Canvas?
3.      Bagaimana Bisnis Model Canvas pada perusahaan Ruang guru.com?

1.3        Tujuan Penulisan

1.    Mengetahui pengertian Bisnis Model Canvas
2.    Mengetahui kerangka Bisnis Model Canvas
3.    Mengetahui Bisnis Model Canvas pada perusahaan Ruang guru.com




B.    PEMBAHASAN

2.1            Bisnis Model Canvas


Model bisnis merupakan sesuatu yang menggambarkan dan menjelaskan mengenai bisnis Start –Up itu sendiri dengan tujuan agar bisa membantu dalam melakukan pertimbangan perubahan dan kemajuan bisnis secara professional. Model bisnis yang dipaki kali ini adalah Businnes Model Canvas (BMC) yang dikembangkan oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur. BMC merupakan satu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat bagaimana  rupa usaha yang sedang atau kita jalani. Dalam model bisnis ini pun mengubah konsep model bisnis yang pertamanya rumit menjadi sederhana. Dimana terdapat kerangka bisnis (BMC), dan cara merumuskan ide Bisnis BMC
Model bisnis canvas ini terdiri dari 9 pilar utama yang merangkum proses bisnis mulai dari value perusahaan, segmen pelanggan, hingga struktur finansial. Dengan kesembilan blok ini, sebenarnya kita sudah bisa memvalidasi apakah satu ide bisnis itu potensial atau tidak. BMC juga merupakan kabar gembira untuk para pelaku usaha Online Shop yang mungkin sudah menjalankan usahanya, atau bahkan baru saja akan memulai usaha di dunia Online. seperti kita ketahui, memiliki bisnis online bukan berarti kita bisa menjual produk atau jasa kita secara online dengan begitu mudah. diperlukan trik dan strategi khusus yang harus dilakukan agar penjualan meningkat. beberapa pebisnis online yang sebelumnya menggunakan metode bisnis lama, hanya berfikir bahwa Online Shop yang penting adalah mendapat Visitor tertarget sebanyak mungkin dan mencari supplier barang semurah mungkin, lalu memperbesar penjualan agar mendapatkan laba yang maksimal. namun, ternyata setelah dipetakan pada bisnis model kanvas, online shop tidak bisa begitu saja. metode ini cocok untuk bisnis Online.
Oleh karenanya, membuat bisnis model canvas adalah hal paling awal yang biasanya dibutuhkan seorang pengusaha pemula. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat sebuah bisnis model canvas yang baik?
Jawaban sederhananya tentu dengan banyak berlatih membuat model bisnis canvas. Cara lain yang lebih efektif adalah dengan memahami secara mendalam setiap elemen dari BMC. Bisnis Model Canvas mempunyai 9 elemen yaitu : Key Resource, Key Partnership, Key Activities, Value Propositions, Cost Structure, Revenue Streams, Customer Relationship dan Customer Segment.
Keuntungan BMC:
1.      Bisa dipakai untuk semua jenis model bisnis, seperti :travelling, restoran, hotel, perkebunan, mining, dan sebagainya.
2.      Cepat mengetahui keseluruhan kekuatan dan kekurangan bisnis.
3.      Proses analisa kebutuhan  dan profit dapat dilakukan dengan cepat.
4.      Memetakan bisnis untuk mengetahui kelemahan sejak dini dan memahami kekuatan bisnis dari sudut pandang yang benar.
5.      Pemetaan BMC menggambarkan secara sistematis bisnis yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan pengembangan manajemen strategis bisnis.

2.2          Kerangka Bisnis Model Canvas

 

1.   Customer Segment
Customer Segments menjadi blok area yang paling utama karena dari pelanggan-lah kita akan mendapatkan pemasukan.
Customer segments berisi mengenai siapa customer Anda? Produk atau layanan Anda akan dijual ke siapa? Idealnya lakukan riset untuk memastikan customer segments Anda. Contoh jika Anda menjual produk-produk fashion di online store, maka segment yang tepat Anda adalah anak-anak remaja

2.   Value Proposition
Value proposition berisi produk atau layanan apa yang Anda tawarkan? Dalam bisnis selalu ada produk atau jasa yang ditawarkan.

3.   Channel
Channels merupakan sarana untuk menyampaikan nilai atau manfaat dari produk kepada customer segment. Bagaimana Anda memberikan layanan Anda kepada customer? Bagaimana cara customer dapat memperoleh produk Anda. Contoh channel adalah website atau toko tradisional

4.   Customer Relationship
Di dalam lingkup ini yang dinilai adalah bagaimana menjalin hubungan dengan pelanggan. Agar pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain, maka sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik. Selain itu, diperlukan juga pengawasan yang ketat dan intensif.


5.   Revenue Streams
Revenue streams menjelaskan darimana sumber pendapatan bisnis Anda? Apakah dari menjual produk, menjual jasa, menjual iklan, komisi dan lainnya.

6.   Key Resources
Key Resources menjelaskan sumber daya apa saja yang Anda butuhkan untuk memproduksi produk Anda, missal butuh tenaga kerja, material, uang dan lainnya.

7.   Key Activities
Key activities mencakup segala aktivitas yang harus dilakukan seorang pelaku bisnis untuk menghasilkan produk atau layanan yang baik dan memuaskan. Yang termasuk dalam lingkup ini adalah branding, packaging, pasaran internet dan lainnya.

8.   Key Partners
Key partners berisi siapa saja partner yang harus Anda gandeng untuk bekerjasama? Misal Anda berjualan online, Anda mungkin perlu menggandeng orang-orang yang menjualkan kembali produk Anda, bank, jasa pengirim barang dan lainnya.

9.   Cost Structure
Meliputi biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk membentuk, memproduksi dan memasarkan produk atau layanan bisnis. Dengan pengelolaan biaya yang benar, bisnis yang kita jalankan akan menjadi lebih efisien, hemat dan meminimalkan risiko kerugian.




2.3          Bisnis Model Canvas pada perusahaan Ruang Guru.com







1.   Key Partnership
Kemitraan kunci yang bekerjasama dengan perusahaan Ruang Guru ada 3, yaitu :
-          Pengajar
Ruang Guru adalah perusahaan bisnis yang bergerak di bidang pendidikan, maka perusahaan ini harus bekerja sama dengan para pengajar agar bisnisnya dapat berjalan.
-          Minimarket
Untuk melakukan pembayaran berlangganan ruang guru, perusahaan ini bekerjasama dengan minimarket. Anda cukup memberikan nomor kode pembayaran ke kasir minimarket dan pembayaran anda akan segera diproses
-          Bank
Selain membayar melalui minimarket, Ruang guru juga bekerjasama dengan beberapa bank seperti BCA,BNI, BRI dan Mandiri untuk melakukan pembayaran.

2.   Key Activities
Key activities merupakan kegiatan yang menentukan keberhasilan bisnis itu, dan key activities ruang guru yaitu pembelajaran yang menyenangkan sehingga para pelajar memilih untuk berlangganan ruang guru.

3.   Key Resource
Asset yang dimiliki perusahaan ruang guru adalah materi pembelajarannya yang lengkap mulai dari kurikulum KTSP, kurtilas, dan kurtilas revisi Ruang guru menyediakannya. Pengguna aplikasi ini dapat menggunakan kurikul yang mereka pilih.

4.   Value propositions
Keunikan yang dimiliki ruang guru dan tidak dimiliki aplikasi belajar yang lain cukup banyak, sehingga ruang guru kini menjadi aplikasi belajar nomor satu di Indonesia. Keunikan tersebut antara lain :
a)    Pengajar yang interaktif dan professional
Para pengajar dalam aplikasi ruang guru sangat professional pada bidang yang ia ajarkan dan juga para penajar interktif dengan pengguna ruang guru karena dalam aplikasi ruang guru terdapat fitur untuk berinteraksi langsung dengan para pengajar.
b)   Harga yang murah
Hanya dengan Rp. 1.070.000 anda dapat mengakses semua fitur dalam ruang guru. Terdapat banyak soal, video pembelajaran, dan dapat berinteraksi dengan para pengajar professional. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini kapanpun anda mau selama 1 tahun. Jika dibandingkan dengan bimbel lain, tentunya harga berlangganan ruang guru sangat murah.
c)    Materi lengkap
Ruang guru memberikan materi yang lengkap untuk penggunanya mulai dari materi kurikulum KTSP, kurtilas, kurtilas revisi, jurusan IPA dan IPS semuanya disediakan oleh ruang guru
d)   Aplikasi yang inovatif, kreatif dan simple
Aplikasi ruang guru merupakan aplikasi yang sangat menarik,karena terdapat berbagai fitur menarik dan mudah digunakan.

5.   Customer relationship
Customer relationship  adalah pihak yang menentukan bisnis itu bisa sukses, pada ruang guru customer relationshipnya adalah pengajar karena ruang guru adalah bisnis yang bergerak dibidang pendidikan yang sangat membutuhkan pengajar.

6.   CHANNEL
Ruang guru mempromosikan bisnisnya dengan cara iklan di stasiun TV, promosi diberbagai social media dan mengadakan diskon yang menarik untuk masyarakat. Ruang guru juga sering membuat acara di TV seperti satu jam bersama iqbaal ramadhan yang merupakan brand ambassador dari ruang guru. Dengan adanya acara itu, masyarakat dapat mengenal ruang guru, karena dalam durasi satu jam itu membahas tentang apa itu ruang guru, keuntungannya apa saja dan biasanya selalu disertai diskon dengan batas waktu tertentu.

7.   Customer segment
Sasaran pasar Ruang Guru adalah seluruh pelajar Indonesia dari tingkat SD, SMP dan SMA. Ruang guru juga mencakup pelajar SMA dari jurusan IPA dan IPS. Karena ruang guru mempunyai value propositions berupa materi yang lengkap untuk semua tingkatan pelajar Indonesia.

8.   Cost structure
Ruang Guru mengeluarkan dana untuk membayar gaji para pengajar yang harus dibayar tiap bulannya, juga mengeluarkan dana yang cukup besar untuk promosi dan iklan di TV,  ditambah ruang guru juga harus mengeluarkan dana untuk brand ambassadornya yang cukup banyak diantaranya; Iqbaal Ramadhan, Jess No Limit, Miselia Ikhwan, dan brand ambassador lainnya. Ruang guru mengambil brand ambassador dari artis dan atlet generasi milenial yang dapat menjadi inspirasi bagi para pelajar karena prestasi mereka.

9.   Revenue streams
Aliran dana yang diperoleh Ruang Guru adalah dari para pengguna yang berlangganan Ruang guru pada setiap tahunnya.



C.    PENUTUP

3.1                    Kesimpulan

1.   Ruang guru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia berbasis pendidikan yang mempunyai banyak sekali kelebihan dan telah menjadi aplikasi bimbel online nomor 1 di Indonesia
2.   Business Model Canvas adalah suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan bentuk visual berupa kanvas lukisan agar dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah.
3.   Dengan menggunakan Model Bisnis Kanvas, Ruang Guru dapat lebih mudah untuk menjalankan proses bisnisnya karena dari ke-9 pilar kanvas dapat memudahkan pelaku bisnis memahami bisnis yang akan dijalankan.
4.   Sembilan pilar pada Ruang Guru yaitu Key Partnership berupa Pengajar, Minimarket dan Bank. Key Activities berupa pembelajaran yang menyenangkan. Key Resources berupa materi yang lengkap berbagai kurikulum. Value propositions berupa Pengajar yang interaktif dan professional, Harga yang murah, Materi lengkap, Video Animasi dan Aplikasi yang inovatif, kreatif dan simple. Customer Relationship berupa pengajar. Channel berupa Iklan, Promosi dan Diskon. Customer segment pada Ruang Guru yaitu seluruh pelajar Indonesia dari tingkat SD sampai SMA. Cost Structure berupa gaji pengajar dan biaya iklan dan promosi dan Revenue Streams dari pengguna aplikasi ruang guru.


3.2                      Saran
Dengan Bisnis  Model Canvas diharapkan dapat memudahkan para pebisnis baik pemula maupun yang sudah menjalankan dalam mengetahui aspek – aspek terpenting dalam suatu bisnis. Perusahaan Ruang guru juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja bisnisnya, selain itu Ruang Guru diharapkan mampu meningkatkan servernya agar tidak down ketika banyak penggunanya menggunakan aplikasi Ruang Guru untuk memahami materi terlebih saat mengakses video materi yang disediakan.
Daftar pustaka









1 komentar:

  1. kak izin copy beberapa sumbernya ya untuk bahan tugas kuliah

    BalasHapus